Minggu, 17 Agustus 2008

Night Trail At “Museum Perumusan Naskah Proklamasi”.

Selain mendampingi beberapa kolega dari perusahaan-perusahaan swasta di Jakarta, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-63 tahun ini, Komunitas Historia juga memiliki kegiatan sendiri.
Acara ini kami namakan “Melacak Jejak Proklamasi” yang dilaksanakan pada malam hari di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (16/8) lalu.


Alhamdulillah acara yang diikuti sekitar 50 anggota millist Historia dan masyarakat umum ini berjalan dengan lancar dan terkendali. Kami memulai kegiatan dengan menyaksikan pemutaran Film perjuangan seputar detik-detik Proklamasi tahun 1945, koleksi dari pihak Museum. Selama pemutaran film kami dipandu oleh Bapak Rusdi Hoesein, Dosen Sejarah UI sekaligus Pembina Komunitas Historia.
Acara berikutnya adalah “Jelajah Malam” di dalam ruangan museum. Dengan keremangan lampu ruangan, kami menjajaki setiap sudut eks rumah laks. Maeda yang dulu digunakan untuk merumuskan naskah proklamasi oleh Soekarno dan kawan-kawan seperjuangannya. Selama menjelajah kami juga mendapatkan cerita-cerita menarik dari Bapak Rusdi.
Sebagai pengisi perut, kami disajikan santapan Nasi Ulam Khas Bapak Misjaya, dengan kehangatan bandrek dan cemilan ringan. Acara ini kami akhirin dengan diskusi dan sharing bersama dengan mengambil tema makna proklamasi.

Tidak ada komentar: